Gantikan Bima Sakti Di Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto Lebur Ilmu Shin Tae-Yong & Indra Sjafri


Nova akan menjadikan Piala AFF sebagai ajang pemanasan pemain untuk membidik target lolos ke Piala Asia U-17.


Pelatih timnas Indonesia U-16 Nova Arianto akan memadukan filosofi kepelatihan ala Shin Tae-yong dan Indra Sjafri untuk diterapkan kepada anak asuhnya selama mengikuti seleksi di Jakarta.


Timnas U-16 melakukan seleksi gelombang pertama pada 19 hingga 21 Februari di Jakarta sebagai persiapan menghadapi Piala AFF U-16 dan kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Sebelumnya, skuad timnas U-16 ditangani Bima Sakti yang memimpin tim di Piala Dunia U-17 2023 lalu


Di lain sisi, Nova merupakan asisten Tae-yong di timnas senior. Indra yang menjabat sebagai direktur teknik PSSI mempunyai pertimbangan tersendiri dalam menunjuk Nova, meski diminta ketua umum PSSI Erick Thohir untuk menangani timnas U-17 dan U-20. Menurut Indra, ia menginginkan ada regenerasi kepelatihan.


Nova pun menyambut tantangan Indra tersebut. Menurut Nova, ia akan memakai filosofi kepelatihan Tae-yong dan Indra dalam menangani timnas U-16.


“Pastinya ada beberapa filosofi yang saya bawa juga, termasuk dari pelatih Indra, karena saya sudah ikut pelatih Indra dari 2019, dan akhirnya bersama pelatih Shin. Jadi dua progress itu yang saya masukkan di tim ini. Semoga apa yang diberikan pelatih Shin dan pelatih Indra bisa saya terapkan di sini,” tutur Nova dikutip laman kantor berita Antara.


Salah satu cara Tae-yong dalam melihat kelebihan pemain adalah dengan menggunakan dua kaus kaki berbeda.


“Karena saya cukup lama dengan coach Shin, jadi memang benar sekali dibedakan kaus kakinya. jadi saya bisa tahu kaki dominan mereka apa kaki kanan atau kaki kiri,” ujar Nova.


Nova menambahkan, ia belum diberikan target apa pun dari PSSI terkait sasaran timnas U-16. Namun Nova berambisi meloloskan timnas U-16 ke Piala Asia U-17 yang berlangsung di Bahrain.


“Jujur,, masalah target saya belum diberikan apa-apa oleh PSSI, tapi secara pribadi saya punya target lolos di kualifikasi Piala Asia. [Piala] AFF sebenarnya menjadi persiapan umum saya menuju kualifikasi Piala Asia. Jadi fokus saya adalah di kualifikasi Piala Asia,” beber Nova.

About Beritabola Jakartacash

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Posting Komentar